Breaking News

Muncul Danau Baru di Kota Kupang Usai Badai Seroja


Badan Siklon Tropis Seroja membuat lahan pertanian di RT14/RW06 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) berubah menjadi danau. Luas area yang menjadi danau baru tersebut seluas dua hektare.
 
"Danau ini mulai terbentuk saat badai siklon tropis Seroja melanda daerah ini. Pada Senin (5/4) pagi kami melihat air semakin meluas dan mengenangi seluruh lahan pertanian milik petani. Luasan genangan air semakin meluas," kata Hendrik Lasa, warga RT14/RW06, Kelurahan Sikumana, seperti dilansir antara, Minggu (18/4/2021).

Lahan pertanian yang menjadi danau adalah lahan palawija. Seluruh tanaman seperti jagung, kacang, buncis, dan kepala yang siap panen pun tergenang.

Henrik bercerita, selama puluhan tahun tinggal di kawasan itu, belum pernah mengalami peristiwa seperti ini.

"Kejadian ini baru pertama kali terjadi sehingga kami sangat khwatir akan munculnya bencana baru karena ketinggian air terus bertambah," katanya.

Menurut dia, ketinggian air danau terus bertambah. Air mengalir dari mata air Tangkolo dan sumber mata air baru di kawasan itu disebut semakin banyak.

"Ada belasan sumber mata air baru yang muncul disekitar danau ini sehingga ketinggian air terus bertambah. Kami kwatir bisa berdampak luas dan menimbulkan bencana baru ke kawasan pemukiman warga di Sikumana apabila air danau ini terus bertambah tinggi," kata Hendrik Lasa.

Sementara itu Batz Sebaneno (38), warga lainnya, mengatakan sejak danau terbentuk sejumlah sumber mata air baru muncul dalam rumah penduduk.

"Kami sudah tidak bisa masak dalam dapur karena air muncul dalam rumah sejak danau ini terbentuk. Bahkan di depan rumah kami juga ada muncul sumber mata air baru," katanya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Danau baru muncul di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, seusai badai siklon tropis Seroja. (ANTARA/Benny Jahang)
Muncul Danau Baru di Kota Kupang Usai Badai Seroja Muncul Danau Baru di Kota Kupang Usai Badai Seroja Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar