Breaking News

AS Bongkar Delapan Pelanggaran HAM Di Indonesia Tahun 2020, Pengamat: Presiden Jokowi Buruk Di Mata Internasional


Presiden Joko Widodo (Jokowi) buruk di dunia internasional setelah Amerika Serikat (AS) membongkar delapan pelanggaran HAM di Indonesia pada 2020.

“AS sudah membongkar delapan pelanggaran HAM pada 2020. Ini artinya Presiden Jokowi buruk di dunia internasional,” kata pengamat politik Muslim Arbi kepada suaranasional, Kamis (1/4).

Menurut Muslim, pernyataan AS terhadap kasus pelanggaran HAM di Indonesia akan mendapat sorotan dari negara lain.

“Negara-negara khususnya Eropa juga menyoroti pelanggaran HAM di era Jokowi,” papar Muslim.

Kata Muslim, pelanggaran HAM yang dibongkar AS akan berpengaruh investasi di Indonesia.

“Para investor dari AS maupun Eropa sangat memperhatikan kondisi HAM di Indonesia,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, utangan dari Bank Dunia maupun IMF ke Indonesia akan terhambat adanya laporan dari Kementerian Luar Negeri AS terkait delapan pelanggaran HAM di Indonesia.

“Ekonomi Indonesia yang tergantung dari utang lembaga donor maupun negara lain akan terhambat adanya laporan pelanggaran HAM itu,” ungkap Muslim.

Amerika Serikat merilis laporan tahunan terkait deretan pelanggaran hak asasi manusia di setiap negara yang terjadi selama 2020, termasuk Indonesia.

Dalam laporan yang dirilis Kementerian Luar Negeri AS pada Selasa (30/3), Gedung Putih menjabarkan belasan pelanggaran HAM di Indonesia, mulai dari kekerasan dan pembunuhan di luar hukum oleh aparat keamanan di Papua, hingga diskriminasi penegak hukum terhadap kaum LGBT dan masyarakat adat.

“Pelanggaran HAM yang sedang berlangsung di berbagai negara ini menyebabkan kerusakan yang tak terhitung jauh di luar perbatasan negara tersebut. Pelanggaran HAM yang tak terkendali di mana pun dapat menimbulkan rasa impunitas di mana-mana,” kata Menteri Luar Negeri AS, Anthony Blinken, dalam kata sambutannya di laporan tersebut.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Pengamat Politik Muslim Arbi
AS Bongkar Delapan Pelanggaran HAM Di Indonesia Tahun 2020, Pengamat: Presiden Jokowi Buruk Di Mata Internasional AS Bongkar Delapan Pelanggaran HAM Di Indonesia Tahun 2020, Pengamat: Presiden Jokowi Buruk Di Mata Internasional Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

1 komentar: