Breaking News

Terungkap! Ternyata Ini Pengusul Investasi Miras di Perpres Jokowi


Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mengungkapkan pengusul investasi miras di Perpres No 10 Tahun 20201 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Ia mengatakan bahwa pengusul tersebut berasal dari pemerintah daerah dan masyarakat setempat.

“Karena memang di daerah itu ada kearifan lokal. Jadi dasar pertimbangannya, masukan dari Pemda dan masyarakat setempat terhadap kearifan lokal,” ujarnya dalam video conference, Selasa (2/3/2021).

Bahlil tidak menjelaskan secara detail pemda mana yang mengusulkan invesatsi miras. Ia hanya mencontohkan salah satu minuman arak tradisional Nusa Tenggara Timur (NTT) yang bernama Sopi sudah cukup populer di sana.

“Sopi ini adalah minuman yang didapatkan dari proses pertanian masyarakat. Nah, di masyarakat tersebut mereka mengelola dan sebagian kelompok masyarakat jadi tradisi. Itu tidak bisa dimanfaatkan karena dilarang,” terangnya.

Ia juga mencontohkan minuman arak tradisional Bali yang sudah cukup populer sampai masuk ekspor. Dengan demikian, banyak pihak yang mengusulkan agar ada izin investasi miras.

“Itu akan ekonomis kalau itu dibangun berbentuk industri. Tapi kalau dibangun sedikit-sedikit apalagi itu dilarang maka tidak mempunyai nilai ekonomi. Itulah kemudian kenapa dikatakan bahwa memperhatikan budaya dan kearifan setempat,” jelas Bahlil.

Meski demikian, Bahlil menegaskan bahwa saat ini Presiden Joko Widodo telah mencabut Perpres tentang aturan investasi miras. Ia tidak menampik banyak pengusaha yang meminta ada izin investasi miras. Namun kata Bahlil, pemerintah juga mendengarkan aspirasi dari banyak pihak yang meminta membatalkan aturan investasi miras.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ilustrasi/tribunnews.com
Terungkap! Ternyata Ini Pengusul Investasi Miras di Perpres Jokowi Terungkap! Ternyata Ini Pengusul Investasi Miras di Perpres Jokowi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar