Breaking News

Natalius Pigai Terawang Indonesia Sedang Dilanda Tsunami Pengangguran


Data Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) yang mencatatkan 30 juta UMKM bangkrut akibat kebijakan pembatasan sosial di tengah pandemi menunjukkan Indonesia tidak dalam keadaan baik-baik saja.

Bahkan aktivis kemanusiaan Natalius Pigai mengibaratkan, data Akumindo tersebut sama dengan bencana alam tsunami.

"Indonesia sedang dalam tsunami pengangguran," kata Natalius Pigai di akun Twitternya, Sabtu (27/3).

Pigai menjelaskan, kebangkrutan puluhan UMKM tersebut menambah daftar panjang pengangguran di Tanah Air. Hal ini sudah barang tentu harus menjadi atensi pemerintah.

"30 juta UMKM bangkrut, maka penganggur bukan hanya 7 juta, tapi lebih dari 30 juta. Jika 1 UMKM pekerjanya 3 orang, maka sudah pasti 90 juta orang nganggur," urainya.

Adapun data puluhan UMKM bangkrut sebelumnya disampaikan Ketua Umum Akumindo, Ikhsan Ingratubun dalam diskusi virtual yang digelar Bank Indonesia (BI), Jumat (26/3).

Ia menjelaskan, 30 juta UMKM bangkrut akibat kebijakan pembatasan sosial di dalam negeri di tengah pandemi Covid-19. Hanya sekitar 34 juta unit usaha kecil yang bertahan.

"Lebih dari 7 juta tenaga kerja informal dari UMKM juga kehilangan pekerjaannya," jelas Ikhsan. 

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Aktivis Kemanusiaan Natalius Pigai/Net
Natalius Pigai Terawang Indonesia Sedang Dilanda Tsunami Pengangguran Natalius Pigai Terawang Indonesia Sedang Dilanda Tsunami Pengangguran Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar