Breaking News

Jokowi: Tidak Akan Ada Impor Komoditas Beras Hingga Bulan Juni


Polemik wacana impor satu juta ton beras antara Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Dirut PT Bulog Budi Waseso akhirnya menemui titik terang.

Melalui postingan di media sosial, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pemerintah tidak akan melakukan impor beras setidaknya sampai blan Juni.

Wacana impor beras banjir kritik karena muncul di saat yang bersamaan dengan panen raya petani.

"Saya mengikuti perbincangan soal impor beras beberapa hari ini. Saya perlu tegaskan bahwa tidak akan ada impor komoditas beras hingga bulan Juni mendatang," ujar Presiden Jokowi di akun Facebook bencentang biru, Jumat (26/3).

"Selama hampir tiga tahun belakangan ini, Indonesia juga tidak mengimpor beras," imbuhnya menekankan.

Jokowi menjelaskan, memang ada nota kesepahaman antara Indonesia bersama Thailand dan Vietnam soal beras. Tetapi, hal itu hanya menjadi pilihan yang diambil sesuai kebutuhan.

"Memang, saat ini terdapat nota kesepahaman antara Indonesia dengan Thailand dan Vietnam. Nota kesepahaman itu adalah opsi yang dapat ditempuh sewaktu-waktu. Kita berjaga-jaga di tengah situasi pandemi yang penuh ketidakpastian saat ini," jelasnya.

Soal panen raya, Jokowi menegaskan bahwa pemerintah berkomitmen untuk menyerap maksimal hasil beras dari petani.

"Pada panen raya mendatang ini, beras petani akan diserap oleh Perum Badan Urusan Logistik (Bulog). Saya telah memerintahkan Menteri Keuangan untuk menyiapkan anggaran yang diperlukan untuk penyerapan beras dari petani lokal tersebut," pungkasnya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Presiden Joko Widodo/Net
Jokowi: Tidak Akan Ada Impor Komoditas Beras Hingga Bulan Juni Jokowi: Tidak Akan Ada Impor Komoditas Beras Hingga Bulan Juni Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar