Breaking News

Tiga Upaya Anies Baswedan Antisipasi Banjir Jakarta


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama seluruh komponen masyarakat terus berkolaborasi untuk menjaga Jakarta terhindar dari banjir.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pun memaparkan, setidaknya ada tiga hal yang terus diupayakan Pemprov untuk meminimalisir dampak dari musim penghujan yang sedang tinggi.

"Kita berusaha mengantisipasi musim hujan dengan mengupayakan tiga hal, yakni siaga, tanggap, dan galang," ujar Anies diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta, Senin (8/2).

Hal pertama yang diupayakan adalah siaga. Anies menyebutkan, seluruh jajarannya terus memantau kondisi curah hujan di Jakarta dan sekitarnya, terutama di kawasan pegunungan.

"Jika terjadi hujan deras di wilayah hulu, wilayah Jakarta yang dilintasi 13 sungai mendapatkan peringatan dini dari BPBD Provinsi DKI Jakarta," lanjutnya.

Kemudian tanggap. Dalam hal ini, Pemprov telah melakukan upaya tanggap bahkan jauh-jauh hari sebelum musim penghujan tiba.

Kaitannya dengan tanggap ini, Anies menyebut ada sejumlah program yang dijalankan seperti gerebek lumpur, pengerukan waduk dan situ, pembersihan sedimentasi di saluran air, hingga memastikan pompa air di 50 rumah pompa berfungsi dengan baik.

"Jadi seluruh persiapannya sudah dikerjakan sejak tahun lalu, supaya saat musim hujan datang kita posisinya siaga, dan tanggap," tegas Anies.

Sedangkan upaya ketiga, lanjut Anies adalah galang. Pihaknya telah menggalakan kolaborasi dengan banyak pihak untuk melakukan langkah antisipasi dan mitigasi terhadap potensi banjir dan genangan.

"Dinas SDA siaga dengan pompa-pompa mobile, Dinas Gulkarmat sigap mengevakuasi warga dari lokasi yang terendam, Dinas Sosial yang telah menyiapkan dapur darurat, serta relawan dari berbagai LSM," tambahnya.

Meski demikian, Anies tetap mengimbau masyarakat untuk terus waspada mengingat hujan masih terus turun. Pemprov, kata dia, juga memfasilitasi warga yang ingin turut memantau banjir dengan menyediakan platform aplikasi JAKI.

"Dan laporkan genangan lewat JakLapor. Bila membutuhkan pertolongan atau kedaruratan, hubungi Jakarta Siaga 112," pungkas Anies. 

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Gubernur Anies saat meninjau pintu air Manggarai, Jakarta/Repro
Tiga Upaya Anies Baswedan Antisipasi Banjir Jakarta Tiga Upaya Anies Baswedan Antisipasi Banjir Jakarta Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar