Breaking News

Terobos Ring 1-Ditendang Paspampres, Identitas Rombongan Pemotor Diburu Polisi


Polisi kini turun tangan menyelidiki rombongan pemotor yang viral lantaran diberhentikan oleh Paspampres karena menerobos jalan yang ditutup untuk pengamanan VVIP di Jl Veteran III, Jakarta Pusat. Identitas pemotor kini tengah dicari petugas.

"Kalau tim kami sudah minta untuk menelusuri identitas pemotor. Penelusuran bisa dimulai dari keterangan saksi yang ada di lokasi termasuk juga media sosial. Jadi sedang kami telusuri," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar saat dihubungi detikcom, Sabtu (27/2/2021).

Menurut Fahri, pihaknya akan melakukan klarifikasi kepada para pemotor tersebut. Klarifikasi tersebut untuk menggali ada tidaknya pelanggaran aturan lalu lintas yang dilanggar oleh pemotor tersebut.

Selain aturan lalu lintas, dia menyebut pihaknya pun akan menyelidiki indikasi adanya pelanggaran protokol kesehatan yang dilanggar oleh rombongan pemotor.

Fahri menegaskan di masa pandemi rombongan pemotor yang melakukan sunday morning ride (sunmori) harus tetap mematuhi aturan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Tindakan tegas telah disiapkan polisi jika pemotor tersebut terbukti melakukan pelanggaran lalu lintas.

"Kaya kemarin kan dia terlihatnya menerobos water barrier yang sudah ditutup, dia nabrak lurus berarti kan ada tindakan-tindakan lain yang terjadi makanya kita akan klarifikasi ke pengemudinya. Kita akan lihat pelanggaran apa yang bisa kita dapatkan di situ, kita akan melakukan penindkan secara SOP," ungkap Fahri.

Diberitakan sebelumnya, viral di media sosial rombongan pemotor diberhentikan dan dilumpuhkan oleh Paspampres saat melintasi Jl Veteran III, Jakarta Pusat. Rombongan pemotor tersebut dihentikan karena menerobos jalan yang ditutup dan tengah dilakukan instalasi pengamanan VVIP.

"Anggota Paspampres yang sedang melaksanakan tugas pengamanan instalasi di Kantor Wapres terpaksa melumpuhkan pengendara motor/komunitas motor yang sedang melaksanakan Sunday Morning Riding (Sunmori)karena memaksa menerobos Jalan Veteran III yang ditutup oleh pembatas jalan (cones)," kata Komandan Pasukan Pengaman Presiden (DanPaspampres), Mayjen TNI Agus Subiyanto, saat dikonfirmasi, Jumat (26/2/2021).

Diketahui, Jalan Veteran III merupakan kawasan Ring 1, yang mana bersebelahan dengan kantor Wakil Presiden RI. Kejadian itu terjadi pada hari Minggu (21/2) pagi, saat itu sedang dilakukan instalasi pengamanan VVIP sehingga saat ada orang yang menerobos jalanan yang ditutup telah masuk kegiatan yang mengancam.

"Pengendara motor tersebut terpaksa harus dilumpuhkan oleh anggota Paspampres karena penerobosan tersebut merupakan tindakan pelanggaran batas Ring 1 dengan menggunakan alat berupa sepeda motor," ujar Agus.

Agus menuturkan, hal tersebut telah diatur dalam Buku Petunjuk Teknis Pam Instalasi VVIP yang disahkan oleh Keputusan Panglima TNI tahun 2018 dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 59 Tahun 2013 tentang Pam VVIP. Agus menegaskan penindakan yang dilakukan terhadap pemotor itu dilakukan atas bentuk kewaspadaan terhadap ancaman.

"Tindakan anggota Paspampres tersebut merupakan bentuk kewaspadaan dalam melaksanakan tugas terhadap segala bentuk hakikat ancaman terhadap Instalasi VVIP," ungkapnya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ilustrasi Polisi (Grandyos Zafna)
Terobos Ring 1-Ditendang Paspampres, Identitas Rombongan Pemotor Diburu Polisi Terobos Ring 1-Ditendang Paspampres, Identitas Rombongan Pemotor Diburu Polisi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar