Breaking News

Soal 'Ganjar Tidak Pernah Sholat', Penerbit: Itu Cetakan th 2009, Pak Ganjar Belum jadi Publik Figur


Buku pelajaran SD yang memuat soal 'Pak Ganjar tidak pernah sholat' viral di media sosial. Penerbit buku Tiga Serangkai telah merespons dan akan merevisi soal tersebut.
 
"Ini tentu akan kami revisi. Akan kita ganti dengan nama lain," kata General Manager Tiga Serangkai, Mas Admuawan saat ditemui wartawan di kantornya, Jalan dr Soepomo No 23 Solo, Selasa (9/2/2021).

Pihaknya pun mengaku didatangi oleh Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah. Mereka mengklarifikasi adanya kabar yang beredar itu.

Admuawan menjelaskan bahwa soal tersebut sebenarnya pertama kali ditulis pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk kelas 3 SD terbitan tahun 2009. Saat itu nama Ganjar tidak dikenal seperti sekarang.

"Sebetulnya itu cetakan pertama kita tahun 2009. Waktu itu kan Pak Ganjar Pranowo belum menjadi public figure seperti sekarang. Jadi nama Ganjar ini tidak berkaitan dengan Gubernur Jawa Tengah," kata Admuawan.

Dia mengakui soal tersebut kemudian terus dicetak pada setiap cetakan hingga 2020. Hal itu disebabkan tidak adanya perubahan kurikulum yang signifikan.

"Karena tidak ada perubahan kurikulum yang signifikan pada pelajaran agama, kita tidak melakukan revisi. Jadi soal itu selalu terbit pada cetakan selanjutnya. Nah, yang diviralkan itu terbitan 2020," ujar dia.

Admuawan juga menyayangkan adanya kabar viral yang menghubungkan kasus tersebut dengan intoleran. Bahkan kabar viral sampai mengarahkan pada tindakan radikalisme.

"Kami tegaskan itu tidak ada hubungannya. Perusahaan kami menjunjung tinggi toleransi. Karyawan kami tidak semuanya muslim. Penulis kami tidak semuanya muslim. Berbagai buku kami terbitkan, bukan hanya tokoh muslim," kata dia.

Adapun kabar viral itu salah satunya diunggah akun twitter @eko_kun*****. Terdapat dua foto dalam unggahan tersebut.

Foto pertama yaitu soal nomor 9 yang berbunyi:
Walaupun mendapatkan rezeki yang banyak, Pak Ganjar tidak pernah bersyukur dengan menyembelih hewan kurban pada hari Idul Adha. Pak Ganjar termasuk orang yang
a. beruntung
b. beriman
c. rugi
d. sukses

Kemudian soal berikutnya yang juga bernomor 9 berbunyi:
Meskipun sudah mendapatkan rezeki yang banyak, Pak Ganjar tidak pernah bersyukur. Sebagai orang Islam, ia pun tidak pernah melaksanakan salat. Pak Ganjar termasuk orang yang
a. beruntung
b. beriman
c. bangkrut
d. rugi

Netizen berspekulasi hal itu ada hubungannya dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo karena sebelumnya juga sempat ramai soal yang menyebut nama Anies dan Mega.

Saat dimintai tanggapan, Ganjar mengatakan dirinya juga sempat kaget. Namun menurutnya perlu ada klarifikasi lebih jauh terkait soal tersebut.

"Buku dari Tiga Serangkai itu, ya? Saya sih nanti biar dicek temen-temen untuk klarifikasi dulu saja siapa yang nulis, benar tidak, motifnya apa. Biar tidak jadi keributan," kata Ganjar usai acara hari Pers Nasional di Gradhika Bhakti Praja, Semarang, pagi tadi.

"Nggak tahu ya (kalau dihubungkan dengan politik)," imbuhnya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: General Manager Tiga Serangkai, Mas Admuawan. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Soal 'Ganjar Tidak Pernah Sholat', Penerbit: Itu Cetakan th 2009, Pak Ganjar Belum jadi Publik Figur Soal 'Ganjar Tidak Pernah Sholat', Penerbit: Itu Cetakan th 2009, Pak Ganjar Belum jadi Publik Figur Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar