Breaking News

Pasar Muamalah Di Depok Aktif Sejak 2014, Buka Cuma Hari Minggu


Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengungkap, kegiatan jual beli yang menggunakan alat tukar dinar dan dirham di pasar muamalah di Beji, Depok, Jawa Barat telah berlangsung sejak 2014.

"Keberadaan pasar di Jalan Tanah Baru Depok, Jawa Barat yang digunakan sebagai kegiatan perdagangan atau bazar telah dilakukan sejak tahun 2014," kata Ahmad kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (3/2).

Adapun aktivitas jual beli dipasar tersebut, kata Ahmadm dilakukan dua pekan sekali yakni pada hari Minggu mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB. Pasar Muamalah diadakan di sebuah lahan milik Zaim Saidi (ZS).

"ZS merupakan amir amirat nusantara di mana dibentuk oleh tersangka ZS untuk komunitas masyarakat yang ingin berdagang dengan aturan yang mengikuti tradisi pasar di jaman Nabi, seperti adanya pungutan sewa tempat dan transaksi pembayaran jual beli dengan menggunakan transaksi dengan menggunakan dirham dan dinar," beber Ahmad.

Untuk jumlah pedagang sendiri sekitar 10 sampai 15 orang. Adapun barang yang dijual antara lain sembako, makanan, minuman, dan pakaian.

"Tersangka ZS menentukan harga beli koin dinar dan dirham tersebut sesuai harga PT Aneka Tambang ditambah 2,5 persen sebagai margin keuntungannya," kata Ahmad.

Lebih lanjut, dinar yang digunakan sebagai alat pembayaran di Pasar Muamalah adalah koin emas sebesar 4 1/4 gram dengan kadar 22 karat. Sedangkan dirham yang digunakan adalah koin perak seberat 2,975 gram denhan kadar murni.

"Dinar dan dirham tersebut dipesan dari PT Antam kesultanan bintang, kesultanan Cirebon, kesultanan Ternate dengan harga sesuai acuan PT Antam. Selain itu, dirham perak diperoleh dari pengrajin daerah Pulo Mas Jakarta dari harga lebih murah dari acuan PT Antam," pungkas Ahmad. 

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Lokasi pasar muamalah di Depok, jual-beli dengan dinar-dirham. (Sachril/detikcom)
Pasar Muamalah Di Depok Aktif Sejak 2014, Buka Cuma Hari Minggu Pasar Muamalah Di Depok Aktif Sejak 2014, Buka Cuma Hari Minggu Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar