Breaking News

Jusuf Kalla: Buzzer Dibayar untuk Membully Siapa Saja yang Mengkritik Pemerintah


Mantan Wapres Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan uneg-unegnya seputar kiprah buzzer atau pendengung. Menurutnya, buzzer dibayar membully siapa saja yang mengkritik pemerintah.
 
Menurut Wapres RI periode 2004-2009 dan 2014-2019 ini, pada mulanya buzzer sengaja hadir dan mendapat ruang dalam kampanye pemilu untuk menyampaikan segala hal positif kandidat yang didukungnya.

Dan sebaliknya mereka juga dipersiapkan untuk mengkritisi kekurangan para kandidat lain yang menjadi lawan politik yang mereka dukung.

“Sebenarnya buzzer itu mulai pada setiap kampanye. Tapi itu biasa saja, bagaimana memuji pasangan calon yang didukungnya atau mencela lawannya,” kata JK seperti dilansir Pojoksatu.id, dari Blak-blakan Detikcom, Jumat (26/2).

Mestinya, kerja buzzer ini sudah berhenti setelah pemilu selesai karena sudah ada pihak yang menjadi pemenangnya. Misalnya dalam hal ini, pihak yang diusung oleh buzzer.

Tapi yang terjadi kemudian justru menjadi kelompok yang terus dipelihara, dibayar untuk membully siapa saja yang mengkritik pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Mereka dibayar untuk membully siapa yang mengkritik,” jelasnya.

“Jadi tolonglah siapa itu yang bisa memperbaiki. Sebab sumber segala kekacauan adalah buzzer-buzzer itu,” katanya.

“Seharusnya sudah lah, tidak perlu lagi ada pencitraan yang macam-macam. Tidak perlu lagi merusak nama orang, biar demokrasi berjalan dengan baik,” papar JK.

Menurut JK, media massa juga sebaiknya tidak lagi ikut memberi ruang bagi buzzer.

“Anda juga ikut bertanggung jawab itu,” ujarnya.

“Jangan kasih kesempatan mereka berkomentar. Jangan kasih ruang lagi mereka berkomentar,” kata mantan Wapres JK pada video itu. 

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Mantan Wapres Jusuf Kalla (JK)/Net
Jusuf Kalla: Buzzer Dibayar untuk Membully Siapa Saja yang Mengkritik Pemerintah Jusuf Kalla: Buzzer Dibayar untuk Membully Siapa Saja yang Mengkritik Pemerintah Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar