Breaking News

DKI Sabet Penghargaan, Bos Transjakarta Klaim Punya Lintasan Terpanjang di Dunia


Keberhasilan DKI Jakarta menyabet penghargaan kota terbaik dalam penyediaan layanan transportasi publik pada ajang Sustainable Transport Award (STA) 2021 tidak terlepas dari kinerja Transjakarta yang menjadi primadona angkutan Ibu Kota yang berhasil memecahkan rekor 1 juta penumpang per hari.

Hal ini membuat bangga pengelola Badan Usaha Milik Daerah DKI Jakarta itu. Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Sardjono Jhony Tjitrokusumo mengatakan, sekarang saat ini Transjakarta menjadi satu-satunya moda transportasi yang punya lintas paling panjang di dunia.

"Transjakarta adalah layanan  Bus Rapid Transit (BRT) terpanjang di dunia," kata Jhony ketika dikonfirmasi, Minggu (1/11/2020).

Adapun panjang lintasan Transjakarta di semua wilayah Ibu Kota mencapai 251.2 kilometer. Di sepanjang lintasan terdapat 260 halte yang tersebar di 13 koridor utama. Dengan fasilitas yang dimiliki Jhony mengaku transportasi ini sudah terintegrasi dengan angkutan jenis lainnya.

"Dengan lintasan ini, Transjakarta tentunya sudah terintegrasi dengan moda transportasi lainnya baik MRT, LRT, KCI dan Mikrotrans dan lainnya," ucapnya.

Dengan merengkuh penghargaan itu, Jhony mengaku,  pihaknya terus berinovasi untuk menghadirkan layanan transportasi yang lebih baik lagi. 

Untuk mewujudkan itu, saat ini Transjakarta sedang mengembangan penggunaan bus listrik yang diharapkan bisa menjadi moda transportasi publik terintegrasi dan ramah lingkungan sesuai konsep green city yang dicanangkan oleh Pemprov DKI. 

Adapun bus listrik ini diklaim sukses ujicoba dengan mengoperasikan dua bus listrik yang di jalur komersial selama tiga bulan di jalur Balaikota - Blok M dengan mengangkut pelanggan 

"Kami juga terus melakukan berbagai transformasi lainya secara digital salah satunya dengan meluncurkan aplikasi TIJE dengan berbagai fitur canggih yang dapat dinikmati pelanggan," ucapnya.

Adapun saingan Jakarta pada ajang ini adalah Kota Auckland, Bogota, Buenos Aires, Charlotte, Frankfurt, Moscow, San Francisco dan Sao Paulo. 

"Kami merasa bangga dan bersyukur dapat sedikit berkontribusi terhadap kesuksesan kota Jakarta dalam mendapatkan penghargaan ini," ucap Jhony.

Source: akurat
Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Tampak bus Tranjakarta mulai beroperasi di Halte Transjakarta Bundaran HI, Jakarta, Senin (12/10/2020). | AKURAT.CO/Dharma Wijayanto
DKI Sabet Penghargaan, Bos Transjakarta Klaim Punya Lintasan Terpanjang di Dunia DKI Sabet Penghargaan, Bos Transjakarta Klaim Punya Lintasan Terpanjang di Dunia Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar