Breaking News

Serangan Terbaru KKB Tewaskan 19 Orang, Bakar Puluhan Rumah dan Gereja


Serangan terbaru kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Republik Demokratik Kongo menewaskan 19 orang. Selain itu, mereka juga membakar rumah warga dan gereja.

Otoritas setempat melaporkan KKB yang melancarkan serangan mematikan pada Kamis (29/10/2020) merupakan Pasukan Demokratik Sekutu (ADF) yang pernah melakukan pembunuhan ratusan penduduk Kongo tahun lalu.

ADF menargetkan serangan mereka ke desa terpencil Baeti di wilayah Beni, Provinsi Kivu Utara. Serangan bersenjata ADF menewaskan setidaknya 19 orang warga sipil yang terdiri dari 17 laki-laki serta dua perempuan.

"40 rumah dan sebuah gereja juga dibakar dalam serangan, beberapa orang dinyatakan masih hilang," kata kepala masyarakat sipil setempat, Kinos Kathuho, dikutip dari AFP, Jumat (30/10/2020).

"Tentara telah disiagakan tetapi tidak melakukan intervensi," lanjutnya.

Saat dihubungi oleh AFP, juru bicara angkatan bersenjata Kongo menolak berkomentar mengenai serangan terbaru kelompok ADF.

ADF, yang bermula pada 1990-an sebagai kelompok pemberontak Muslim Uganda, adalah satu dari lebih dari 100 milisi yang menyerang provinsi timur Republik Demokratik Kongo yang luas.

Berdasarkan perhitungan tidak resmi, kelompok itu telah menewaskan hampir 600 warga sipil sejak militer melancarkan tindakan keras terhadapnya November lalu.

Pembunuhan terbaru yang dilakukan ADF nampaknya merupakan pembalasan atas operasi militer awal pekan ini, serta memperingatkan penduduk setempat agar tidak bekerja sama dengan pihak berwenang.

Pada 21 Oktober, ratusan narapidana melarikan diri dari penjara di Beni dalam serangan oleh orang-orang bersenjata. Polisi menyalahkan ADF sementara ISIS mengklaim sebagai pihak yag bertanggung jawab.

Source: inews
Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Kongo kerap dilanda kerusuhan sipil yang memakan korban jiwa dan kerusakan harta benda. (foto: TRT World)
Serangan Terbaru KKB Tewaskan 19 Orang, Bakar Puluhan Rumah dan Gereja Serangan Terbaru KKB Tewaskan 19 Orang, Bakar Puluhan Rumah dan Gereja Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar