Breaking News

Refly Harun Skakmat PSI Yang Ngaku Ditawari Rp 1 M agar Tinggalkan Gibran


Pakar Hukum dan Tata Negara Refly Harun mengatakan, pengakuan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang ditawari Rp 1 miliar untuk melawan Gibran Rakabuming Raka menunjukkan bahwa candidacy buying tidak dianggap sebagai sebuah kejahatan dalam Pemilu.

Ketua DPD PSI Solo, Antonius Yoga Prabowo mengaku pihaknya ditawari Rp 1 miliar agar mau mendukung pasangan Achmad Purnomo-Anung Indro Susanto oleh beberapa orang. Namun mereka menolak.

Refly Harun lantas melihat fenomena candidacy buying atau membayar partai politik demi mendukung seorang kandidat dalam pemilihan umum seperti itu bukan lagi dianggap sebagai kejahatan.

"Candidacy buying itu tidak dianggap sebagai sebuah kejahatan atau tindak pidana pilkada atau pemilu," kata Refly dilansir dari kanal YouTube-nya, Jumat (7/8/2020).

Padahal, Refly menambahkan, Undang-undang jelas mengatakan tidak boleh menerima uang dari calon secara langsung maupun melalui perantara.

"Kalau kemudian terbukti tentu dengan proses hukum, maka partai yang bersangkutan dihukum tidak bisa mencalonkan untuk Pilkada ke depannya, dan calonnya akan didiskualifikasi," jelas Refly

Kendati demikian, dirinya tak menampik jika pada kenyataannya tidak ada pihak-pihak yang terlibat dalam candidacy buying berakhir terkena hukuman.

"Tapi kira-kira bayar ke parpol agar dicalonkan ada enggak? Hampir semua di Pilkada, ya mungkin satu dua yang tidak pakai itu," kata pria lulusan Universitas Gadjah Mada itu.

Menyadur dari Solopos, Antonius Yoga mengaku ditawari Rp 1 miliar oleh beberapa tokoh politik Solo.

"Mereka memperkenalkan diri sebagai tim dari pasangan Purnomo-Anung," kata Antonius.

Ia mengaku tawaran bernilai fantastis itu di luar dugaannya, mengingat PSI hanya memiliki satu kursi di DPRD.

"Menurut kami nilainya fantastis. Sebagai pendatang baru, tanpa underestimate (memandang remeh), kami merasa nilai yang ditawarkan di luar dugaan. Apalagi PSI hanya punya satu kursi di DPRD," ujar Antonius.

Antonius melanjutkan bahwa PSI Kota Solo menoah memberikan dukungannya kepada Achmad Purnomo-Anung Indro dan memilih tetap setia pada Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa.

"Itu skenario gerbong politik yang disiapkan. Desain mereka PKS, PAN, dan PSI, karena Partai Gerindra sudah lepas, PSI jadi kunci," ungkap dia.

Partner Sindikasi Konten: suara
Diterbitkan: oposisicerdas.com
Editor: Windha Pramitasari
Foto: Refly Harun/Net
Refly Harun Skakmat PSI Yang Ngaku Ditawari Rp 1 M agar Tinggalkan Gibran Refly Harun Skakmat PSI Yang Ngaku Ditawari Rp 1 M agar Tinggalkan Gibran Reviewed by Admin on Rating: 5

1 komentar:

  1. Untuk sensasi aja sebab sampai saat ini ngga ada tuh pengakuan atau klarifikasi .

    BalasHapus