Breaking News

Popularitas Prabowo Subianto di Bursa Pilpres 2024 Hampir 100 Persen, Ahok Nomor 4


Lembaga survei Akurat Poll Sentra Riset and Consulting merilis hasil penelitiannya yang dilakukan 15-24 Juli 2020. Salah satu penelitiannya tentang  popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas 5 tokoh yang berpotensi masuk bursa Pilpres 2024.

Direktur Akurat Poll Adlan Nawawi menjelaskan, lima tokoh yang dijadikan subjek ialah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, politikus Partai Gerindra Sandiaga Uno, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Dari sisi popularitas, Prabowo Subianto hampir 100 persen, yakni 93,9 persen. Anies Baswedan 85,4%, Sandiaga Uno 82,5%, Basuki Tjahaja Purnama (82,4%), AHY (72,9)," kata Adlan dalam paparannya yang disiarkan langsung melalui akun YouTube Akuratco, Selasa (4/8/2020).

Andlan mengatakan bahwa tingkat penerimaan atau akseptabilitas kelima tokoh tadi justru berbeda-beda.

"Sandiaga Uno menempati posisi teratas dari tingkat kesukaan 82,5 persen, disusul Anies Baswedan 78,9 persen, Prabowo Subianto 77,2 persen, AHY 77,1 persen, BTP 61,1 persen," tuturnya.

Adlan melanjutkan, di luar popularitas dan akseptabilitas kelima tokoh itu, justru publik menyebut nama-nama lain, yakni mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

"Publik justru mengajukan nama yang mereka sukai dengan tingkat akseptabilitas yang tinggi, yakni Susi Pudjiastuti meskipun tidak populer, tapi disukai 89,5 persen, Ridwan Kamil 85,8 persen, Ganjar 85 persen," ungkapnya.

Masih kata Adlan, ketiga nama yang diusung publik popularitas dan akseptabilitasnya berpotensi terus melejit. Kata dia, salah satu yang memungkinkan ketiga nama itu mengemuka ialah dengan membuat terobosan-terobosan baru.

"Jika dianalisa sebetulnya ketiga orang ini bisa berpotensi melejit di masa yang akan jika memiliki kinerja-kinerja yang boombastis, dahsyat dan memiliki penerimaan publik yang begitu besar dan memiliki terobosan-terobasan baru," tuturnya.

Adlan melanjutkan, terkait elektabilitas di Pilpres 2024 nama Prabowo menempati posisi teratas. Kemudian disusul Sandiaga Uno, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil dan AHY.

Diketahui, Akurat Poll Sentra Riset and Consulting merupakan lembaga survei yang memiliki kaitan erat dengan Akurat.co.

Survei ini dilakukan dengan mengambil sampel 1.210  dari 34 provinsi di Indonesia yang sudah memiliki hak pilih, yaitu 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Survei menggunakan teknik multistage random sampling dan memiliki tolerasi kesalahan dugaan +/- 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95.0 persen. 

Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara tatap muka langsung (face to face) menggunakan kuisioner oleh pewawancara yang sudah terlatih. 

Qualiti control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangai responden terpilih (spot check).

Partner Sindikasi Konten: akurat
Diterbikan: oposisicerdas.com
Editor: Cici Farida
Foto: Peneliti senior INDEF Enny Sri Hartati saat acara Rilis Survey Kinerja Pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (4/8/2020). Akurat Sentra Riset & Consulting (Akurat Polling) menyelenggarakan survei tentang kinerja pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang dilakukan dengan tatap muka terhadap 1.200 responden di seluruh tanah air pada 15-24 Juli 2020. Survei ini juga sekaligus menyoroti elektabilitas dan popularitas figur-figur yang dipersepsi mampu menduduki singgasana presiden pada 2024 mendatang. | AKURAT.CO/Endra Prakoso
Popularitas Prabowo Subianto di Bursa Pilpres 2024 Hampir 100 Persen, Ahok Nomor 4 Popularitas Prabowo Subianto di Bursa Pilpres 2024 Hampir 100 Persen, Ahok Nomor 4 Reviewed by Admin on Rating: 5

Tidak ada komentar