Breaking News

Mardani Ali Sera: Kerap Marah ke Menteri, Jokowi Tak Punya Kuasa dan Takut


Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) Mardani Ali Sera menyindir Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyinggung lagi belum melihat aura krisis dalam penanganan pandemi virus corona (Covid-19) di kementerian atau lembaga.

Mardani menyebut pernyataan yang kembali keluar dari Jokowi itu menunjukkan bahwa dirinya tak memiliki kekuasaan atau tak mau menggunakan kekuasaan yang dimilikinya alias penakut.

"Ini marahnya berkali-kali, artinya bisa disimpulkan presiden tidak punya kekuasaan atau tidak mau gunakan kuasanya alias takut," kata Mardani saat dihubungi pada Selasa (4/8).

Selain itu, kata Mardani, Jokowi yang kembali menyindir kinerja menteri di hadapan publik juga memperlihatkan para menteri Kabinet Indonesia Maju itu berani mengabaikan permintaannya. Menurutnya, para menteri tak menjalankan arahan Jokowi bisa saja karena yakin dirinya tak akan dicopoti.

"Kalau sudah tiga kali marahnya ada dua, satu menteri dablek dan berani karena yakin posisinya tidak diganggu gugat atau presidennya yang penakut. Cuma marah saya sebutnya omdo (atau) omong doang," ujarnya.

Mardani menyebut aura krisis di tengah pandemi Covid-19 merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh jajaran menteri agar tak terlambat dalam mengambil kebijakan. Menurutnya, kehidupan masyarakat terancam bila jajaran menteri Jokowi tak memiliki aura krisis.

Anggota Komisi II itu pun mendorong Jokowi membuat aturan yang jelas terkait penggunaan anggaran belanja serta memberikan target ke para menteri dan melakukan evaluasi yang terbuka kepada publik secara berkala selama penanganan pandemi virus corona.

"Jadi akar masalah ditemukan, buat KPI (key performance indicator) yang jelas, akuntabel. Umumkan, lima menteri dievaluasi, targetnya masing-masing ini, dua minggu lagi kita lihat," ujarnya.

Lebih lanjut, Mardani meminta agar Jokowi tak putus asa dalam menghadapi pandemi Covid-19. Mardani berkata, mantan wali kota itu harus bertanggung jawab atas kemenangan yang telah diperoleh di Pilpres 2019.

"Kalau putus asa, jangan jadi presiden. Jokowi menang, dia punya mandat sampai 2024, ya harus berjalan enggak boleh putus asa, harus tanggung jawab, jungkir balik. Kalau mau menang, mau juga tanggung jawab hasil kemenangan bahwa kampanye itu berat," katanya.

Lihat juga: Surabaya Masih Dicap Zona Merah, Pemkot Ngotot Sudah Hijau
Sebelumnya, Jokowi mengaku belum melihat aura krisis dalam penanganan pandemi Covid-19 di kementerian atau lembaga.

Pernyataan disampaikan Jokowi lantaran masih ada anggaran penanganan Covid-19 yang belum masuk dalam Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA). Padahal, Jokowi beberapa kali telah mengingatkan hal tersebut kepada jajarannya.

"Di kementerian, di lembaga, aura krisisnya betul-betul belum, masih kejebak pada pekerjaan harian. Enggak tahu prioritas yang harus dikerjakan," ujar Jokowi kemarin.

Pada ratas akhir Juli lalu, Jokowi pun sempat menyinggung para menteri agar memiliki perasaan krisis di tengah pandemi virus corona. Ia mewanti-wanti kepada para jajarannya agar tak kehilangan aura krisis dalam menangani covid-19.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengingatkan tak ada ego sektoral kementerian atau lembaga maupun pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19. Ia meminta agar penanganan Covid-19 dilakukan dengan serius tanpa kehilangan aura krisis.

Hingga kemarin, Senin (3/8), jumlah kumulatif kasus positif virus corona di Indonesia mencapai 113.134 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 70.237 orang dinyatakan sembuh dan 5.302 orang lainnya meninggal dunia.

Partner Sindikasi Konten: cnnindonesia
Diterbitkan: oposisicerdas.com
Editor: Windha Pramitasari
Foto: Presiden Joko Widodo Rapat Dengan Para Menteri/Net
Mardani Ali Sera: Kerap Marah ke Menteri, Jokowi Tak Punya Kuasa dan Takut Mardani Ali Sera: Kerap Marah ke Menteri, Jokowi Tak Punya Kuasa dan Takut Reviewed by Admin on Rating: 5

Tidak ada komentar